Senin, 03 Juli 2017

Strategi Efisiensi Produksi Kayu Untuk Bahan Baku Bangunan: Pendekatan Simulasi System Dinamik, oleh Lutfy Abdulah dan Budi Kuncahyo

Abstrak

Produksi kayu di Indonesia secara legal dapat bersumber dari jenis kegiatan dalam kawasan hutan yang dikuasai negara yakni penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan. Penggunaan kawasan hutan berupa pinjam pakai kawasan hutan dan pelepasan kawasan hutan merupakan salah satu dari sejumlah ijin penggunaan kawasan hutan yang akan berpotensi memproduksikan kayu. Penerapan sistem land clearing akan meningkat ketersediaan kayu dalam volume yang sangat besar.
Volume ini tidak dapat dikontrol oleh pemerintah, untuk alasan pengendalian pasokan kayu di pasar.
Sementara, kegiatan pemanfaatan hutan dalam bentuk HPH dan HTI akan tidak menarik atau menguntungkan bagi pemegang ijin karena harga kayu yang murah di pasar domestik dan didorong untuk mengkonversi produk tersebut dalam bentuk kayu olahan untuk dijual ke luar negeri. hal ini tentu saja akan sangat membutuhkan modal yang besar.
Persaingan lainnya adalah maraknya hutan rakyat dengan wilayah jangkauan kebutuhan masyarakat yang sangat lebar.

Atas kompleksitas masalah tersebut, maka perlu pendalaman masalah melalui metode dinamika sistem. Teori dinamika sistem adalah suatu teori dengan filsafat ilmu meliputi keseluruhan (holistik), mendasar dan bersifat spekulatif.

Dengan menerapkan beberapa skenario dan disimulasikan maka penentuan arah kebijakan atas masalah tersebut dapat dipecahkan.

Klik Model strategi efisien penggunaan kayu untuk mendapatkan artikel utuh dari pemecahan masalah tersebut, atau anda dapat mengunjungi alamat url berikut : https://independent.academia.edu/Abdulah



Untuk model sistem, dapat menghubungi korespondensi email : lutfyabdulah@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peta Blok 1

file:///C:/xampp/htdocs/webgis/assets/M2HT/Upload/qgis2web_2020_02_06-22_21_32_711125/index.html